Etika Profesi 1 —> Pengertian Etika

  1. Apa yg anda ketahui tentang etika?
  2. Jelaskan penting nya etika didalam dunia maya?
  3. Jelaskan hubungan antara etika, filsafat, dan ilmu pengetahuan?
  4. menurut  pendapat anda, adakah perbedaan antara etika dengan moral?
  5. bagaimana pengaruh etika dalam menghadapi tantangan teknologi informasi dimasa yang akan   datang?

Jawab :

1. Kamus besar bahasa Indonesia terbitan Departemen Pendidikan dan kebudayaan (1988) merumuskan etika dalam tiga arti sebagai berikut:

  • Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk, tentang hak dan kewajiban moral.
  • Kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak.
  • Nilai mengenai benar salah yang dianut masyarakat.

Dari asal usulnya, etika berasal daari bahasa yunani ”ethos” yang berarti adat istiadat atau kebiasaan yang baik. Bertolak dari kata tersebut, akhirnya etika berkembang menjadi studi tentang kebiasan manusia berdasarkan kesepakatan, menurut ruang dan waktu yang berbeda, yang menggambarkan perangai manusia dalam kehidupan pada umumnya.

2.  Sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa hadir nya internet dalam dunia masyarakat  membentuk komunitas tersendiri. Surat-menyurat yang dahulu dilakukan secara tradisional melalui merpati pos atau kantor pos, sekarang bisa dilakukan dengan duduk dan mengetik surat tersebut di depan komputer. Dengan hanya sekali menekan  tombol  “send” maka saat itu juga surat sampai kelokasi yang dituju, hanya dalam hitungan detik. Fasilitas komunikasi dalam kelompok seperti mailing list memungkinkan sekelompok anggota masyarakat internet untuk berdiskusi dan saling tukar pendapat di antara  mereka dengan mudah.

Melihat  pada kenyataan ini dan perkembangan internet yang begitu pesat maka perlu di buat aturan-aturan atau etika beraktifitas dalam dunia maya tersebut. Beberapa alasan yang cukup kuat mengenai pentingnya etika dalam dunia maya atau etika berinternet tersebut antara lain adalah berikut :

  1. bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin saja memiliki budaya,  bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda. Bahkan dalam satu negara pun, tentunya masing masing pribadi anggotanya punya sifat, cara bicara, cara menulis, dan rasa humor yang berbeda-beda.
  2. pengguna internet meupakan orang-orang yang hidup dalam dunia anonymause, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi. Hal itu membuat kita tidak saling mengenal dalam arti kata yang sesungguhnya atau bahkan satu penghuni dunia maya mungkin tidak akan pernah bertatap muka dengan penghuni yang lainnya.
  3. berbagai macam fasilitas yang di berikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan, antara lain dengan  pengiriman surat berantai, iklan yang tidak sesuai konteks, provokasi  ke diskusi yang tidak sehat, materi yang menyinggung orang lain atau yang lebih ekstrim adalah penyimpana virus atau worm secara sengaja dalam e-mail yang dikirimkan.

3. Filsafat adalah bagian dari ilmu pengetahuan yang berfungsi sebagai interpretasi tentang hidup manusia.

Etika merupakan bagian dari filsafat, yaitu filsafat moral.

Filsafat moral adalah cabang dari filsafat tentang tindakan manusia.

Kesimpulan :

suatu ilmu yang mempelajari perbuatan baik dan buruk manusia berdasarkan kehendak dalam mengambil keputusan yang mendasari hubungan antar sesama manusia.

4.  Etika berasal dari Yunani “ethos” artinya karakter, watak kesusilaan atau adat.

Menurut Martin (1993), “etika adalah tingkah laku sebagai standart yang mengatur pergaulan manusia dalam kelompok sosial”.

Moral berasal dari bahasa latin “mos” artinya adat istiadat.

Moral adalah nilai-nilai atau norma-norma yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya dalam bermasyarakat.

Etika = moral adalah pegangan tingkah laku  didalam bermasyarakat

Perbedaan moral dan etika:

Moral menekankan pada cara menekankan  sesuatu.

Etika menekankan pada mengapa melakukan  sesuatu harus dengan cara tersebut.

5.  Etika erat kaitanya dengan tingkah laku manusia dan Ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk. Jadi dalam kaitan nya menyangkut masa depan untuk menghadapi tantangan teknologi yaitu bisa dengan cara membatasi atau mengurangi hal-hal dari teknologi yang berdampak buruk dalam kehidupan supaya teknologi dapat dikendalikan dan menjadi lebih baik lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s